RizkyTM

Just Me

28 December 2017

Capo


Capo para gitaris tentunya tidak asing dengan istilah tersebut. Capotasto atau lebih sering disingkat dengan sebutan capo adalah alat bantu dalam bermain gitar.
Capo merupakan semacam penjepit yang dipasang pada neck gitar/leher gitar untuk menekan senar gitar, dengan tujuan untuk menghasilkan nada yang lebih tinggi. Hal tersebut biasa digunakan untuk mempermudah pemain gitar dalam memainkan nada dasar yang lebih tinggi. Contoh, jika capo dipasang di posisi fret ke 2, maka akor G akan terdengar sebagai akor A. Dan jika memainkan akor C, maka terdengar sebagai akor D.
Bila capo dipasang pada fret/posisi ke 4 maka jika kita memainkan akor C, maka akan terdengar sebagai akor E dan seterusnya.
Capo biasa digunakan untuk gitar akustik, termasuk para pemain fingerstyle juga sering menggunakan capo sebagai alat bantu dalam memainkan aransemennya.
Model dan ukuran capo biasanya standar, tetapi ada beberapa jenis capo yang ukurannya berbeda-beda. Ada yang pendek dan ada yang lebih panjang. Biasanya capo dengan ukuran pendek digunakan untuk gitar akustik dengan model custom dan berdawai kawat. Sedangkan untuk yang panjang digunakan untuk gitar akustik klasik dengan dawai nylon. Perbedaan ukuran tersebut dikarenakan neck/leher gitar custom berdawai kawat lebih kecil daripada dengan neck gitar akustik klasik yang berdawai nylon.
Ada baiknya sebelum membeli diteliti terlebih dahulu, dan disesuaikan dengan kebutuhan anda.
Harga capo sangat bervariasi, tergantung pada bahan yang digunakan. Harga antara 45 ribu sampai dengan ratusan ribu. Tentunya biasanya semakin mahal, maka semakin bagus kualitasnya.. 😁
Oke... semoga pengetahuan singkat tentang capo kali ini bisa membantu untuk menambah wawasan tentang gitar. Next dilanjut lagi tulisan sederhana ini... Salam...


Daftar Pustaka: GITARPEDIA (buku pintar gitaris) Jubing Kristanto. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. 2005
Photo By: Deby Vissatria String Guitar

No comments:

Post a Comment