RizkyTM

Just Me

03 May 2018

Tentang Youtube (halal ga sih...??)


Cerita sedikit nih tentang YouTube...
Jaman sekarang siapa si yang ga kenal YouTube? dari anak kecil sampe orang tua juga pasti tau.. segala macam video bisa kita temukan disana. Pastinya ada yang positif, tapi ada juga yang negatif, mau yang mana tergantung masing-masing orang 🤣. Kalo saya sih milih yg positif aja deh, buat berbagi pengalaman dan tentunya buat dapat recehan.
Ada beberapa type orang yang pake YouTube, yaitu:
  1. Uploader : yang ini sudah jelas, pastinya orang yang mengupload konten atau materi video ke YouTube sebagai pemilik konten.
  2. Viewer : yaitu orang yang menonton atau penikmat konten dari YouTube.
  3. Reuploader: yang mengupload kembali konten milik orang lain
Naah... yang mana yg paling menyebalkan?? tentunya bagi saya adalah reuploader. Kenapa? jelas karena mereka mengambil keuntungan dari kita. Dengan man download dan di upload kembali.
Tapi jangan kawatir, karena pihak youtube menyediakan layanan untuk klaim hak cipta. pastinya kita harus mempunyai bukti yang cukup untuk klaim video kita. 
Benerga sih youtube bisa menghasilkan uang?? jawabannya bisaa... kalo kita sudah punya persyaratan yang dibutuhkan, diantaranya 1000 subcriber dan 4000 jam tayangan, channel kita bisa di monetisasi. Artinya bisa dikaitkan dengan iklan. naaah.. dari iklan itulah nanti kita mendapatkan uang.
Halal ga sih??? jawabannya kompleks nih... tergantung booo... hahahahha... jangan kuatir, halal kok... Asaaaalll...
  1. Video ori dan bukan video hasil reupload an... karena ini saya rasa termasuk dalam tindakan ilegal/pencurian.
  2. Video yang di upload mempunyai konten yang baik2 saja, artinya yang bukan konten porno, konten orang berantem (ini kategori menyebar aib orang lain *halah), konten yang intinya membicarakan keburukan orang lain, fitnah, hoax, penyebar kebencian/ujaran kebencian, dan masih banyak lagi yang secara tidak kita sadari itu sebenernya hal-hal yang seharusnya tidak di lakukan. (sebenernya hal2 diatas biasanya viewernya banyak.. hahahahha... jangan deh)
  3. Lakukan batasan iklan yang diijinkan. Jangan asal yang penting banyak iklan deh ya, karena kalo sampe pas ada anak kecil liat video kita trus iklannya muncul iklan judi bola kan gak banget, apalagi iklan yang xxx
Nah... itu deh yang sementara ini saya simpulkan...
mau jadi youtubers juga oke kok... tapi hati2 yaaa... sebarkan yang baik2 saja..
jangan lupa mampir ke Channel sayaaa .... hehehehe... Terimakasih


salam....

No comments:

Post a Comment