RizkyTM

Just Me

13 June 2018

Drawing Pad One by Wacoom

Teknologi.. saya suka mengikuti perkembangan teknologi walau tidak semua bisa saya coba. Kita harus pintar-pintar memilih dan memanfaatkan teknologi. Jangan hanya sekedar ingin coba-coba tetapi harus disesuaikan dengan manfaat dan kegunaannya. Alih-alih bisa mempermudah pekerjaan nanti malah bisa buat dompet kebobolan.
Kali ini saya akan bahas mengenai pen tablet atau biasa dikenal dengan sebutan drawing pad. Ini saya tulis setelah saya menggunakan selama 6 bulan. Beeuuh.. kelamaan ya.. hahaha...
Para animator, designer, komikus, jelas tidak asing dengan gadget satu ini. Fungsinya sebagai papan gambar digital atau media untuk menggambar digital. Jadi, kita bisa menggambar langsung dalam bentuk file digital dalam komputer, bukan gambar di kertas. Paperless pastinya, mendukung go green. Hehehehe...
Saya bukan animator, designer, ato komikus. Tapi kenapa saya pengguna pen tablet? Karena pen tablet tidak hanya digunakan untuk mereka yang berprofesi seperti yang saya sebutkan di atas, tetapi bisa juga digunakan untuk presentasi, walau memang terkadang untuk sekedar menggambar dan corat coret.
Saya menggunakan pen tablet untuk menggantikan Galaxy note 5, yang biasanya saya gunakan untuk presentasi. Kebetulan untuk galaxy note 5 mendukung sidesync dimana nanti akan saya bahas ditulisan lain dan pastinya sudah banyak sih tulisan mengenai mirroring 😂

Kembali ke topik, One by Wacom Creative Pen Tablet. Biasanya wacom terkenal dengan produk bamboo nya. Untuk urusan harga paling murah 1,5juta an. Kalo saya dana segitu mikir-mikir karena saya bukan profesional dalam bidang animasi hehehhe.. 
Wacom mengeluarkan produk yang diberi nama "One" yang penampakannya bisa dilihat seperti di bawah ini.


Ga kelihatan ya.. belon dibuka sih.. hahahha.. tetapi sudah bisa dilihat, tampilan kardusnya saja sudah keren.
Dan inilah penampakan One by Wacom..
Tampak depan sebenernya itu dove, tapi karena sayang kalo ke gores, maka saya pasang screen guard untuk tablet (tab) yang universal. Ga tega kalo sampai kegores. Dan sekedar informasi, setelah saya pasang screenguard tidak mempengaruhi kinerja tab maupun pen nya walau saya pakai screen guard yang 10ribuan.
Dan penampakan belakangnya:


Design tipis, kombinasi warna hitam dan merah, material bagus, gak terkesan murahan. Dan tabnya ada ukurannya. Untuk One by wacom dengan kode Model : CTL-472 yang saya pakai ukurannya S yaitu small. Walaupun ukuran small tapi menurut saya pas sih. Karna mungkin tangan saya kecil, jadi cukuplah. Pen yang ergonomis, oke banget pegangannya dan sensitivitasnya menurut saya sudah cukup bagus. Tebal tipisnya garis atau gambar tergantung dari presure atau tekanan pada pen-nya.

Input DC = 5v dan tidak menggunakan batere (ini yang saya suka, gak ribet ganti batere). Produk ini bisa digunakan pada Windows maupun OS dengan system Requirements : Windows 7 or later, OS X 10.10 or later dengan menggunakan standart USB Type-A Port, internet access untuk download drivernya.
Harga..?? Tentu jauh lebih murah dr produk-produk wacom sebelumnya. Untuk drawing pad ukuran "S" saya beli dengan harga 800-an. Berbeda daerah, mungkin berbeda pula harganya, tapi selisihnya tidak sampai banyak. Saya cek online pun sama harganya sekitar 800 an.
Apa saja yang akan anda dapatkan? Tab, pen, 3pcs nib cadangan (ujung pen), kabel USB dan manual.
Ini penampakan nib cadangannya

Drawing pad ini cukuplah kalo dipakai untuk pemula. Walau fiturnya sederhana dan tidak lengkap seperti pendahulunya. Dan setelah saya mencoba menggunakan drawing pad untuk menggambar sederhana dengan menggunakan software atau aplikasi Manga Studio, ternyata lancar dan mudah
Sampai sini dulu deh corat coretnya.. semoga bisa membantu anda dalam memberikan informasi tentang pen tablet atau drawing pad yang kece tapi dengan harga pas di kantong.




2 comments: