RizkyTM

Just Me

21 June 2018

Kawista Oleh-oleh asli Rembang

Siapa yang sudah pernah ke Rembang?? Salah satu Kabupaten yang termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah ini mempunyai destinasi wisata yang layak diperhitungkan. Sebelah utara Kabupaten Rembang adalah Laut Jawa, perbatasan sebelah timur adalah Kabupaten Tuban, perbatasan sebelah selatan Kabupaten Blora, dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Pati. Kabupaten Rembang adalah gerbang sebelah timur Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan lagsung dengan Provinsi Jawa Timur.
Rembang yang merupakan daerah Pantura, tentunya mengandalkan wisata laut sebagai wisata andalan daerah. Wilayah Rembang sepanjang pesisir pantai Utara memanfaatkan keuntungan geografis mereka untuk membuka lahan wisata bahari. Diantaranya Pantai Karang Jahe, Pantai Pasir Putih Wates, Pantai Nyamplungan, Hutan Mangrove, Pantai Kartini, dan tentunya masih banyak lagi daerah pesisir yang dapat dijadikan tujuan wisata.
Bagi anda yang berkunjung ke Rembang tentunya tidak ingin melewatkan begitu saja apa yang menjadi ciri khas daerah tersebut. Selain kita dapat berwisata pantai, membeli ikan dengan harga murah, pastinya tidak ketinggalan mencari makanan yang khas dari daerah Rembang.
Kali ini saya akan berbagi cerita dengan salah satu yang tidak bisa dilewatkan saat anda berkunjung ke Kabupaten Rembang.
"Kawista" sebuah brand syrup yang terkenal dari daerah Rembang. Syrup yang terbuat dari ekstrak buah Kawis ini sudah ada sejak tahun 1925. Buah Kawis memang tidak sepopuler buah yang lain. Kulit buahnya yang keras, daging buah sedikit, dan bijinya yang banyak, maka membuat buah yang satu ini tidak disukai. Namun aroma buah kawis sangat harum, sehingga kalo mama saya sendiri buat secara manual hanya diambil sarinya saja, diberikan tambahan gula dan disajikan dengan es. Rasanya nikmat, segar dan pastinya enak. Kawis yang sudah matang akan jatuh dengan sendirinya dari pohon, dan itulah buah yang sudah siap dikonsumsi. Selain bisa dibuat es, kawis juga bisa langsung dinikmati dengan cara langsung diberikan tambahan gula. Kalo saya pribadi lebih suka yang pakai es, karena cocok untuk cuaca panas.
Dari itulah kemudian produsen syrup Kawista menyajikan dalam bentuk siap saji. Tidak perlu repot-repot membelah buah kawis yang kulitnya keras, membuang biji, dan memilah dari serabut dagingnya. Tinggal anda tuang dan sajikan dalam keadaan dingin, pastinya anda akan menemukan sensasi segar dari ekstrak buah Kawis tanpa repot.
Produsen syup Kawista dengan brand "Dewa Burung" ini dapat anda temukan di jalan utama saat anda masuk Rembang, tepatnya di jalan Diponegoro no. 55. Tentunya sangat mudah menemukan lokasi tersebut lewat Googlemaps.

Selain syrup buah Kawis atau Kawista, ada juga varian syrup dengan rasa lain. Ada pula minuman siap saji yang wajib anda coba, yaitu limun. Limun dengan rasa kawis ini menawarkan sensasi minuman yang unik. Aroma buah kawis dengan soda memberikan efek segar saat anda menikmatinya, apalagi saat anda bersendawa setelah minum minuman ini dijamin sensasinya luar biasa...


Silakan bagi yang ke Rembang, wajib coba ya... Demikian informasi seputar Rembang. FYI saya tinggal di daerah Juwana, tidak jauh dari daerah Rembang.

1 comment:

  1. Terimakasih informasinya, akhirnya saya tahu buah kawis itu seperti apa wujudnya... 😁

    ReplyDelete