RizkyTM

Just Me

09 June 2018

Mengatasi Layar Samsung Masuk Angin (Galaxy Note 5)

Samsung adalah salah satu brand besar asal Korea yang masih bertahan sebagai salah satu produsen Ponsel sampai sekarang. Produk yang dikeluarkan pun berbagai macam seri, dari harga yang murah sampai dengan belasan juta yang tentunya menawarkan berbagai macam pilihan yang sangat beragam. Tidak hanya itu, Samsung sering mengeluarkan seri flagship dengan didukung iklan besar-besaran, sehingga banyak produk Samsung yang laris manis walaupun harganya selangit. Produk-produk andalan Samsung tentunya punya spek yang mumpuni, tetapi tidak kemudian menjadikan produknya tanpa kekurangan.
Semua produk pasti punya kelebihan dan kekurangan. Kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman pribadi dengan produk Samsung yang pada awal diluncurkan menjadi produk andalan atau flagship dan sempat booming. 
Samsung Galaxy Note 5, duh... ini merupakan seri andalan Samsung dengan fitur S Pen yang kece. Tidak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja, tetapi seri Note selalu dapat menghadirkan pengalaman terbaik dengan fitur S Pen sebagai alat untuk menulis, menggambar, dan corat coret langsung di layar HP. Dibanding seri note pendahulunya, Samsung Note 5 ini sudah dikembangkan lagi menjadi lebih baik. Dari layarnya, fitur s pen nya, wireless charging, fast charging, dan tentunya anti lelet. Tapi dibalik semua keunggulannya ada satu kelemahan yang saya temui selama saya menggunakan Samsung Galaxy Note 5 ini. Yaitu layarnya yang gak tahan banting. Kalau goresan mah lewat.
Galaxy Note 5 saya terjatuh dalam posisi bagian atas membentur pinggiran kursi, sehingga menjadi seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini

Terlihat pada foto, layar seperti gelembung angin. Maka sering disebut dengan istilah masuk angin. Pastinya terlihat mengganggu sekali walau tidak sampai menutupi layar. Mencoba browsing harga ganti LCD ternyata lumayan mahal. Akhirnya mencari alternatif berikutnya, bagaimana caranya memperbaiki lcd samsung masuk angin. Kasus lcd masuk angin tidak hanya Samsung Galaxy Note saja, tetapi saya temui di produk Samsung high end lainnya seperti Galaxy S series.
Setelah browsing sana sini, akhirnya menemukan channel youtube bule. Memang tadinya sempat ragu-ragu untuk mencoba, tapi gambling saja. Seandainya berhasil, berarti masih menjadi rejeki saya, kalau tidak yaa.. nasib.
Cara memperbaiki atau mengatasi layar masuk angin adalah dengan menggunakan lem sakti. Lem jenis ini biasanya kita temui dengan merk alteco, atau lem "G". Disini saya menggunakan lem G yang saya beli dari toko bangunan.
Modal nekat saya mencoba untuk mengatasi layar masuk angin, karena banyak artukel yang menyebutkan bahwa layar masuk angin bisa merembet atau semakin lebar area masuk anginnya.
Bahan dan alat yang diperlukan hanya lem G, ekstensi lem G yang ujungnya kecil dan lentur atau bisa juga menggunakan  jarum. Pastikan pencahayaan atau lampu anda cukup terang, karena pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, dikarenakan bahan lem G ini yang tergolong keras. Jadi alih-alih bukannya memperbaiki, tapi karena tidak teliti, Hp anda akan semakin jelek tampilannya karena terkena lem.
Sebelum di lem pastikan anda membersihkan debu dari area yang akan dilem. Hal ini untuk memastikan agar lem bisa masuk dengan sempurna. Berikutnya, pasang ekstensi bawaan saat anda membeli lem G (ujung yang kecil) atau anda bisa menggunakan jarum yang dicelupkan ke lem. Saat anda mengangkat jarum yang sudah dicelupkan ke lem, maka akan ada lem yang menempel pada jarum.
Jika anda menggunakan ekstensi atau sambungan lem G maka cukup letakkan ujungnya dipinggir layar yang  tekan pelan sampai lem keluar dr ujung (pelan-pelan ya). Pinggir antara bezel dan layar seperti gambar dibawah ini
Saat lem menetes atau menempel pada celah, maka sudah langsung otomatis masuk kedalam lcd. Lakukan hingga merata sambil ditekan-tekan ringan. Daaann.. hasilnya seperti gambar di bawah ini:
Yak.. walaupun tidak bisa kembali normal seperti sedia kala, setidaknya mencegah gelembung angin agar tidak merembet atau melebar lebih luas.
Demikian pengalaman saya mengatasi layar masuk angin. Dan selama pemakaian saya tidak menemukan kendala. Layar juga tidak bermasalah.. pastinya lebih hemat..
Salaam...

*note: hati-hati dalam menggunakan lem G, jangan sampai mengenai permukaan lcd atau HP.

baca juga Mengatasi LCD berwarna pink

5 comments: