RizkyTM

Just Me

23 September 2018

Mengatasi LCD berwarna pink (samsung tab note 10 inch)

Kerusakan LCD bisa disebabkan oleh beberapa hal diantaranya adalah terjatuh, tertekan beban berat, atau bahkan dikarenakan kerusakan dari cacat produk. Jangan salah, walaupun diproduksi oleh brand terkenal dan sudah melewati tahap QC atau quality control tetap saja yang namanya barang elektronik bisa saja cacat produk.
Tetapi hal tersebut sangatlah jarang ditemui karena masing-masing brand akan semaksimal mungkin dalam menjaga kualitas produknya.
Jika produk anda masih mempunyai jaminan atau garansi resmi, maka anda tidak perlu kawatir tentang jaminan service maupun penggatian sparepart. Tetapi jika produk yang anda miliki sudah tidak memiliki jaminan atau garansi maka bersiap-siap merogoh kocek yang cukup lumayan apalagi jika ada yang harus diganti.
Tetapi sebetulnya ada baiknya kita tidak buru-buru membawa perangkat yang rusak ke tempat service. Banyak informasi yang dapat kita temukan melalui internet tentang cara mengatasi kerusakan maupun tips yang sangat bermanfaat.
Seperti yang baru saja saya alami, yaitu tentang cara mengatasi LCD yang berwarna pink pada Tab Note 10 inch milik saudara saya. Penyebabnya adalah Tab terjatuh, dan LCD menjadi berwarna pink seperti gambar yang ada di bawah ini..


Saya mencoba untuk mencari tahu penyebab kerusakan dan cara mengatasinya. Walaupun artikel yang saya temui bukan produk sejenis (Tab note) setidaknya kasusnya sama, yaitu LCD berwarna pink.
Dari pengalaman saya sebelumnya dalam bongkar pasang HP dan perangkat lain, saya membuka cover belakang tab note 10 inch dengan menggunakan kartu ATM bekas. (tutorial bisa dicari lewat youtube, soalnya ga sempet mau buat sendiri... hahahha...)

Setelah berhasil membuka cover belakang, saya mencoba untuk mempraktekkan apa yang sudah saya pelajari sebelumnya yaitu mencari kabel LCD kemudian saya buka pengaitnya dan saya pasang kembali. 


Setelah dinyalakan LCD kembali normal... Taraaa... Just it... hanya semudah itu saja... bayangkan jika anda harus ke tempat service. Apalagi jika anda buru-buru langsung ingin ganti LCD yang tentunya dengan harga yang mahal. 
Pengalaman berharga dan tentunya ada rasa puas karena dapat mengatasi sendiri perangkat yang rusak tanpa harus mengeluarkan biaya.
Demikian pengalaman singkat saya, dan maaf tidak lengkap dokumentasinya karena dalam pengerjaannya hanya butuh waktu 15 menit saja tanpa sempat membuat tutorial. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda yang mengalami kejadian yang sama. Salaaammm....

No comments:

Post a Comment