RizkyTM

Just Me

06 September 2018

Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Jangan Sembarangan...!!!

Menyanyikan lagu Indonesia Raya, Jangan asal-asalan...!!! Itulah pesan yang selama ini saya sampaikan kepada anak didik saya mengenai cara menyanyikan lagu Indonesia Raya. 
Kenapa?? karena dalam penggunaannya, lagu Indonesia Raya diatur dalam PP yang sebelumnya adalah PP nomer 44 tahun 1958, regulasi PP no 24 tahun 2009 Tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
Hal umum yang kadang salah dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya:
1. Sikap dalam bernyanyi
    Dalam pelaksanaan sehari-hari di dunia pendidikan sangat sering menyanyikan lagu Indonesia Raya baik dalam upacara bendera setiap hari Senin, program pembiasaan menyanyikan lagu kebangsaan setiap awal pelajaran, maupun kegiatan-kegiatan pendidikan lainnya. Tetapi masih banyak anak sekolah yang menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan sikap yang tidak sempurna, seenaknya sendiri, tidak hafal lirik lagu dan bercanda saat bernyanyi. Hal ini tentunya akan berpengaruh dengan makna lagu yang sifatnya membangkitkan rasa nasionalisme terhadap bangsa, serta terkesan tidak bersungguh-sungguh.
Kutipan dalam PP no 24 tahun 2009
2. Artikulasi (pengucapan)
    Banyak yang masih kurang tepat dalam pengucapan "Indonesia". Banyak yang mengeja dengan "Endonesia". Sudah jelas bahwa huruf pertama adalah I, tetapi banyak yang secara tidak sadar mengucapkan dengan "E". 
Tidak hanya itu saja kesalahan dalam mengeja Indonesia, tetapi juga di bagian "sia". Tidak jarang diucapkan seperti "sya".
3. Intonasi (ketepatan dalam menyanyikan nada)
    Intonasi juga merupakan kesalahan yang sangat sering terjadi dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya. Jangan sekali-kali menyanyikan dengan variasi nada atau bahkan dengan cengkok-cengkok. Nada-nada dalam lagu Indonesia Raya tidak boleh diubah, baik nada, irama, iringan, kata-kata, dan gubahan-gubahan lain. Hal ini dituangkan dalam PP no 24 tahun 2009 sebagai berikut:

Bagaimana jika teradapat kasus seperti "Alffy Rev" seorang Youtuber berbakat serta sebagai arranger handal yang baru-baru ini menjadi kontroversial??
Menurut saya, dilihat dari sisi kreativitas, Alffy mempunyai bakat sangat luar biasa kreatif. Secara musikal sudah tidak diragukan lagi. Penggarapan video-videonya pun dikerjakan dengan konsep yang tidak sembarangan baik setting tempat maupun personelnya. Pokoknya Superrr... Saya sangat mendukung penuh jika ada generasi muda yang kreatif dan menjunjung tinggi rasa nasionalisme tapi tetap "Beriman". Sesuai dengan jargon Alffy. 
Bangga rasanya mendengarkan arransemen lagu-lagu nasional Alffy. 

Kemudian apa yang membuat menjadi kontroversional?? pada bulan Agustus kemari Alffy mempublikasikan karya terbarunya yang banyak menuai kritik, namun banyak pula memberikan dukungan dikarenakan Alffy mengaransemen lagu Indonesia Raya. 
Di dalam video yang diunggahnya, Alffy menggunakan setting pantai, dan mengaransemen dengan gamelan. Dibantu dengan rekan-rekannya, Alffy menggarap lagu ini dengan sangat apik.
Yang menjadikan krotroversial adalah penggunaan materi lagu Indonesia Raya, yang dalam arransemen dan penggunaannya tidak boleh sembarangan. Cara bernyanyi "Misellia" yang banyak menggunakan cengkok-cengkok penyanyi pop pada umumnya juga banyak menuai kritikan.

Setelah video yang diunggahnya menjadi bahan perbincangan dan membuat heboh dunia maya, Alffy sempat mengklarifikasi tentang maksud arransemennya tersebut. Luar biasa, Alffy memang sebenernya murni berkarya karena rasa nasionalisme tinggi dan ingin mengajak para generasi muda untuk dapat membangun rasa cinta tanah air lewat lagu yang dia arransemen. Dalam pernyataannya Alffy juga menyampaikan bahwa dia tidak mengkomersilkan (memasang adsense dalam video).

Karena banyaknya berita yang menyorot Alffy, dan kemudian ditambah lagi dia membuat cover lagu Asean Games, sampai akhirnya mendapatkan respon positif diundang untuk mengisi dalam Closing Ceremony Asean Games 2018. Waaaa... prestasiiii...

Terlepas dari kesalahan Alffy dalam mengarransemen ulang lagu Indonesia Raya, saya pribadi sangat salut kepada Alffy. Hanya karena kurangnya pengetahuan tentang penggunaan lagu Indonesia Raya saja. Setidaknya mari menjadi masyarakat yang cerdas, tidak usah menghujat, dan bijak dalam berkomentar. Lihat suatu masalah dari akarnya, jangan ikut-ikutan termakan gosip yang belum tentu terbukti kebenarannya.

Untuk Alffy, jangan berhenti berkarya... Kamu luar biasa...
Dan untuk para penerus bangsa lainnya... buktikan kamu bisa..

No comments:

Post a Comment