RizkyTM

Just Me

07 October 2018

Tuner, Pake manual atau digital??

Tuner, adalah alat bantu untuk tunning atau stem alat musik. Fungsinya sudah jelas, untuk menala agar alat musik yang kita mainkan mempunyai nada standar dan tidak fals. Tentunya sangat mengganggu sekali jika pada saat kita memainkan alat musik yang tidak stem atau fals. Selain akan merusak pembawaan lagu, hal ini juga sangat mengganggu pendengar atau yang menikmati lagu.
Kemajuan teknologi mempermudah kita semua, termasuk salah satunya adalah teknologi dalam bidang musik.

Adalah tunner digital, dimana sesuai namanya benda ini berfungsi sebagai penala atau alat stem nada pada alat musik. Cara kerja alat ini sangat praktis, hanya tinggal dijepitkan ke body gitar atau alat musik lain yang akan distem/ditala maka dengan otomatis jarum penala akan bergerak naik turun diikuti display nada yang dideteksi alat tersebut. Sumber daya alat ini berasal dari batere, jadi anda harus pastikan batere dalam kondisi yang bagus. Karena sudah pasti jika tegangan arus lemah, maka dapat mengganggu fungsi dari alat tersebut diantaranya kurang peka/sensitif dan terganggunya display pada LCD.


Berbeda dengan dulu saat menala hanya berbekal garputala tentunya tanpa batere untuk mengoperasikannya. Garputala adalah alat tuner yang dalam penggunaannya benar-benar harus cermat karena suara garputala yang sangat halus dan benar-benar membutuhkan konsentrasi.

Mau pakai yang mana jelas semua kembali kepada anda. Tentu ada kelebihan maupun kelemahan dari masing-masing alat tersebut. Kalau saya sih tetap dua-duanya, di satu sisi kita harus mampu menala secara manual untuk membiasakan diri agar tetap peka terhadap nada, sisi lainnya kita juga tidak boleh gagap teknologi.

Dengan segala kelemahan dan kelebihan masing-masing, mari kita manfaatkan ilmu dan teknologi semaksimal mungkin karena ilmu dan teknologi adalah dua hal yang saling melengkapi.
Semoga informasi ini bermanfaat.. salaamm....

No comments:

Post a Comment